Sabtu, 26 November 2011

Titik Facebook


Menurutmu FACEBOOK itu apa? Menurutku Facebook itu adalah suatu laman yang bersifat maya yang digunakan untuk dunia social dan hiburan yang bertujuan untuk terhubung dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun. Aku pun bisa melihat beberapa hal-hal yang unik di Facebook, antara lain :
1.     Facebook sebagai biro jodoh.
Semakin lama, playboy dan playgirl mulai menjalar di berbagai daerah. Karena menjalarnya playgirl dan playboy itu, pada akhirnya banyak insan yang tak mendapatkan pasangan. Ia pun berusaha mendapatkan pasangan dengan berbagai cara, seperti mengetik REG (spasi) JODOH, mengirim sms yang tak jelas nomornya yang berakhir pada saling berkenalan lewat sms, dan salah satunya mencari pasangan dari Facebook.
Fakta tersebut semakin jelas dengan beberapa waktu lalu sering muncul berita di televisi maupun online yang tulisan beritanya “Penculikan FACEBOOK”. Lucu aja baca kalimat itu, masa’ FACEBOOK bisa diculik?. Sebenarnya penculikan melalui facebook. Setelah aku baca beritanya, skenarionya itu mereka awalnya berkenalan, dan akhirnya mereka tertarik untuk bertemuan. Tetapi, anehnya kenapa selalu si ceweknya ya yang menghampiri cowoknya? Apa cowoknya terlalu sibuk? Apa si cowok tidak punya uang? Atau cowoknya takut identitas aslinya ketahuan?. Kalau demikian, dimanakah harga diri cowoknya?. Apalagi sering banget kalau si cowoknya itu identitasnya PALSU. Betapa gak hancur berkeping-keping gitu hatinya si cewek, sesuatu banget. Tapi, sah-sah aja cari jodoh di Facebook, tapi asalkan yang jelas aja.
2.     Facebook berubah jadi pasar.
Orang Indonesia itu kreatif-kreatif banget mamen. Berbagai cara akan dilakukan demi mendapatkan impiannya. Salah satunya para pedagang online. Mereka menggunakan Facebook sebagai tempat memamerkan koleksi dagangan mereka. Setahuku, salah satu caranya adalah dengan cara mengupload foto dagangannya dan diupload ke Facebook lalu mereka tag fotonya dengan banyak account Facebook.
Kalau sesekali sih oke oke aja. Tapi tambah lama tambah keseringan. Sampai-sampai mamen, di Facebooknya temenku wallnya itu dipenuhin dengan foto-foto barang-barang dagangan. Tapi hal ini juga ada positifnya. Kita bisa menghemat uang mamen. Bandingkan aja kalau kita pergi ke tempat dagangannya langsung. Pasti banyak memakan waktu dan biaya.
3.     Facebook jadi ajang curhat.
Mungkin sekarang lagi nge-trend ya yang namanya curhat di Facebook. Di setiap kali buka Facebook, sering banget baca status yang isinya curahan hati seseorang. Mulai dari yang sedih-sedih, marah, jelous, dll ada. Lucu aja bacanya. Apa lagi kebanyakan itu yang isinya negative thinking. Menurutku dia itu sudah memberi kepercayaan kepada semua teman Facebooknya untuk menjadi tempat curahan hatinya. Tapi, kayak gak ada teman yang layak aja buat jadi tempat curhat. Tapi, aku juga dapat untung dari status curhat itu. Mungkin aku bisa dapat banyak pahala. Karena setiap kali aku baca status curhat, aku mencoba memahami rasa jika aku menjadi dia. Sebenernya gak berharap juga dapat rasa seperti itu. Kalau aku sudah bisa memahami, aku pun mendoakan semoga ia bisa terlepas dari masalah itu. Jadi Facebook-pun bisa juga menjadi ajang mencari pahala. Hahaha.
4.     Facebook menimbun jempol.
Kalau status tanpa ada yang nge-like dan nge-comment. Rasanya status kita itu seperti gak diperhatiin. Setuju gak?. Dan Karena butuh perhatian itu, sekarang juga lagi nge-trens-nge-trendnya orang minta statusnya untuk di LIKE dan di COMMENT. Berarti dia itu CAPER banget lah men. Hahaha. Berbagai usaha telah ditempuh oleh si Caper agar statusnya itu diperhatiin. Mulai dari sms, chat, dll. Kadang ada yang sampai maksa-maksa. Iya kalau statusnya itu berbobot dan bermutu yang berguna, kalau enggak?. Bukannya berniat menghina. Tapi jangan sering-sering lah. Tapi dari kita menge-LIKE dan meng-COMMENT status orang yang caper itu bisa bua nimbun pahala juga men. Karena berarti itu menunjukkan kalau kita perhatian. Selain itu kita bisa dapat pahala karena kita sudah membuat seseorang berbahagia.
5.     Facebook sebagai tambang pahala.
Seperti yang sudah aku sampaikan tadi. Di Facebook itu kita bisa cari pahala dengan melakukan kegiatan-kegiatan simple. Asal kita ada niatan baik, Tuhan YME juga akan membalas dengan baik kok mamen. Ambil contoh aja, jika seseorang butuh JEMPOL kita di statusnya, lalu kita nge-LIKE statusnya, mungkin aja hatinya pembuat status itu jadi bahagia. Dari hanya menge-KLIK tulisan LIKE berarti kita telah menyumbang sebuah senyuman. Hahaha. Bahasaku terlalu tinggi men.
Jadi, di Facebook itu bisa terjadi apapun yang kadang gak pernah kita duga. Tetapi, tergantung kitanya sendiri bagaimana kita menanggapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar